Senin, 12 Desember 2011

GENERALISASI, PERIODISASI, DAN KRONOLOGI

Periodisasi dan kronologi merupakan hal paling penting dalam sejarah. dengan periodisasi. sejarawan dapat lebih memfokuskan dirinya pada penelitian dalam suatu pembabakan sejarah.

Generalisasi dan Periodisasi
Generalisasi adalah pekerjaan penyimpulan dari khusus ke umum.ada dua tujuan generalisasi yaitu untuk saintifikasi dan untuk simplifikasi.tujuan saintifikasi mengandung arti bahwa sejarah juga melakukan penyimpulan umum.generalisasi sejarah sering dipakai untuk mengecek teori yg lebih luas Karenna teori di tingkat yg lebih luas kerap kali berbeda dengan generalisasi sejarah di tingkat yg lebih sempit.
Selain saintifikasi,generalisasi juga bertujuan untuk simpifikasi atau penyederhanaan.simplifikasi perlu bagi sejarawan dalam melakukan analisis.
Ada banyak generalisasi sejarah diantaranya adalah generalisasi periodic atau periodisasi.periodisasi merupakan pengklasifikasian peristiwa-peristiwa sejarah dalam membuat periodisasi sebuah metode.
Periodisasi dalam penulisan sejarah tergantung pada jenis penulisan sejarah yg akan dilakukan.periodisasi dapat dilakukan berdasarkan perkembangan politik,social ekonomi,kebudayaan,dan agama.


Kronologi
Kronologi merupakan kata yg berasal dari bahasa yunani.yaitu chromos dan logos.chromos berarti waktu dan logos berarti ilmu.tentang waktu
Dalam ilmu sejarah,kronologi adalah ilmu untuk menentukan waktu terjadinya suatu peristiwa dan tempat peristiwa tersebut secara tepat berdasarkan urutan waktu.tujuan kronologi adalah untuk menghindari anakkronisme atau kerancuan waktu dalam sejarah.dengan memahami konsep kronologi.peristiwa-peristiwa sejarah yg terjadi di masa lalu dapat di rekontruksi kembali secara tepat berdasarkan urutan waktu terjadinyan.
Kronologi merupakan ilmu dasar yg sangat penting bagi ilmu sejarah Karenna konsep ini menggambarkan konsep sejarah.sebuah kronologi dapat disusun berdasarkan waktu terjadinya suatu sejarah.
Dalam mengurutkan berbagai peristiwa sejarah secara kronologis.sejarawan menggunakan ukuran waktu atau system penanggalan.ada penanggalan kristiani ada penanggalanislam.
Penanggalan kristiani berawal dari penanggalan romawi kuno.penanggalan islam dimulai saat Nabi Muhammad SAW.melakukan hijrah dari mekah ke madinah sekitar tahun 622 AD.
◄ Newer Post Older Post ►